28.1 C
Jambi, ID
Jul 21, 2017
Ragam 15 Bahan Termahal Didunia, Ternyata Emas yang Paling Murah

15 Bahan Termahal Didunia, Ternyata Emas yang Paling Murah

BAGIKAN

Mungkin beberapa orang menganggap Emas atau berlian adalah barang termahal didunia, namun sebenarnya tidak. Masih ada beberapa bahan yang lebih mahal dari pada emas. berikut ini adalah daftar bahan-bahan termahal didunia, bahkan emas tidak masuk dalam lima besar:

15. Emas – Rp. 748 Ribu Per Gram

Siapa yang tidak tau tentang logam mulia ini. Emas adalah salah satu logam yang jadi incaran dan digemari sejak jaman dahulu. Logam yang satu ini paling terkenal dikalangan para kaum hawa dan bahkan digunakan untk perumpamaan sesuatu yang indah atau agung.

14. Rhodium – Rp. 775 Ribu Per Gram

Rodhium berwarna putih keperakan dan termasuk dalam kelas platinum. Rodhium ini termasuk bahan langka yang ada di permukaan bumi. Penambangannya juga terbilang sulit karena Rhodium kadang tercampur dengan perak, platinum, palladium dan emas.

13. Platinum – Rp. 800 Ribu Per Gram

Salah satu logam langka berwarna putih keperakan. Seperti halnya emas, platimum juga logam yang tahan terhadap cairan asam dan alkali.

12. Methamphetamine – Rp. 1,335 Juta Per Gram
Terkenal dengan sebutan Meth, merupakan salah satu jenis obat-obatan terlarang dengan efek yang sangat kuat dan stimulan yang sangat adiktif yang dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat.

11. Cula Badak ( Rhinoceros’s horn ) – Rp. 1,470 Juta Per Gram

Cula badak terkenal karena dapat digunakan sebagai obat-obatan untuk beberapa penyakit dan gagang pisau. karena terus diburu, badak kini telah terancam punah.

10. Heroin – Rp. 1,735 Juta Per Gram

Salah satu jenis obat-obatan terlarang, namun digunakan dalam dunia medis sebagai penghilang rasa sakit dan obat terapi dari beberapa penyakit.

9. Kokain (Cocaine) – Rp. 3,150 Juta Per Gram

Salah satu jenis obat-obatan terlarang.

8. Lysergic acid diethylamide (LSD) – Rp. 40 Juta Per Gram

Atau nama lainnya adalah acid, merupakan salah satu obat yang memiliki tujuan utama untuk merubah kognisi dan persepsi atau lebih tepatnya memiliki efek secara psokologikal dari pada fisik.

7. Plutonium – Rp. 53,4 Juta Per Gram

Plutonium merupakan logam berat dengan  densitas dua kali lipat dari timbal. Secara alami  plutonium sangat jarang dijumpai di kerak bumi. Di samping itu, di alam bisa ditemukan plutonium yang berasal dari sisa-sisa jatuhan (fallout) uji coba senjata nuklir yang berlangsung sekitar tahun 1950-60an.

6. Painite – Rp. 120 Juta Per Gram

Painite adalah sejenis mineral yang sangat langka, pertama kali diketemukan di Birma (Myanmar) oleh seorang peneliti ahli mineralogi berkebangsaan Inggris bernama Arthur C.D. Pain pada tahun 1950, hasil penelitian menguraikan mineral ini mengandung kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen.

5. Taaffeite – Rp. 267 Juta Per Gram

 

Batu Taaffeite masih tergolong batuan mulia yang memiliki warna menarik, yakni ungu dan merah. Batu mulia ini pertama kali ditemukan pada tahun 1945 oleh Count Edward Taaffe, yang namanya dijadikan nama batu tersebut. Keunikan dari batu ini terdapat di kemampuannya untuk membiaskan cahaya menuju dua arah.

4. Tritium – Rp. 534 Juta Per Gram

Tritium adalah senyawa Hidrogen yang telah berubah menjadi zat radioaktif secara alami akibat radiasi matahari, sehingga sangat jarang ditemukan di alam. Namun, peneliti telah berhasil membuat Tritium lewat reaksi nuklir. Tritium juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi utama PLTN dan generator berbasis neuron atau dalam kehidupan sehari-hari sebagai “lampu abadi”.

3. Berlian (Diamond) – Rp. 734 Juta Per Gram

Berlian adalah batu permata transparan yang merupakan bentuk kristal dari karbon dan substansi alami yang paling keras di bumi. Batu Berlian tidak hanya berharga dan terkenal karena kekerasannya yang luar biasa, tetapi juga indeks biasnya yang tinggi (kecemerlangan) dan tingkat dispersinya yang juga tinggi.

2. Californium – Rp. 334 Milyar Per Gram

Unsur kimia paling mahal yang pernah ada. hanya pernah dibuat satu kali sejak ditemukan pada tahun 1950.

1. Antimatter – Rp. 834,25 Kuardiliun Per Gram

Zat termahal di Bumi. Biaya produksi untuk satu miligram berharga sekitar $25 juta.  Secara teori, kita akan bisa menggunakan antimateri sebagai bahan bakar untuk pesawat ruang angkasa di masa depan. Tapi kekurangannya hari ini adalah untuk menghasilkan hanya satu gram saja, semua manusia harus bekerja selama sekitar satu tahun tanpa istirahat.(*)

Loading Facebook Comments ...