Daerah 2 Warga Kerinci Gabung ISIS

2 Warga Kerinci Gabung ISIS

BAGIKAN
Ilustrasi. Foto: Jawapos.com

KERINCI – Sedikitnya dua orang warga Kerinci diduga sudah bergabung ke kelompok Islam di Irak dan Suriah atau ISIS. Informasi itu terungkap pada pertemuan kerukunan umat antar agama yang digelar Kementerian Agama Kabupaten Kerinci, Selasa lalu.

Kepala KUA Kecamatan Gunung Kerinci Ansuardin, saat pertemuan berlangsung mengatakan kabar tersebut langsung menyebar dikalangan Kepala KUA Kementerian Agama Kerinci.

Kepada Jambi Independent, ia mengaku mendapat informasi ada warga kerinci telah bergabung ISIS. “Tapi saya tidak tahu persis orang mana dan siapa orangnya,”ungkapnya.

Diakuinya, satu diantara terduga ISIS yang ditangkap di Bandara Sukarno Hatta belum lama ini pernah tinggal di Semurup, tepatnya di Desa Balai. “Warga tahu setelah wajahnya muncul di TV. Warga nyebut kalau dia pernah tinggal di Semurup, Desa Balai Kecamatan Air Hangat,”jelasnya.

“Saya dengar ada dua orang,”imbuhnya.

Dia berharap informasi itu menjadi warning dan kewaspadaa masyarakat. Jaga diri dan keluarga agar tak masuk ISIS. “Saya hanya menyampaikan informasi yang saya dapatkan, agar semua kita waspada dan bisa berhati-hati,”terangnuya.

Camat Air Hangat, Dafrisman mengaku tidak mengetahui kabar itu. Namun ia akan mencari tahu kebenaran informasi itu. “Saya belum dapat info, nanti saya cari tau,”katanya.

Dafrisman mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Kabag TU Kemenag Kerinci. Dia mengatakan bahwa benar ada kepala KUA menyampaikan ada dua orang warga Kerinci yang gabung ke ISIS. “Saya sudah telpon pak Firdaus, kata beliau Kepala KUA Gunung kerinci, menyampaikan pada acara forum kerukunan antar umat beragama,”jelas Dafrisman.

Sementara itu, salah satu anggota Penyuluh Agama Islam yang ikut hadir acara pencegahan dini konflik antar umat beragama yang digelar di Kemenag Kerinci mengaku mendengar pernyataan dari KUA Gunung Kerinci soal adanya dua orang warga kerinci yang gabung ke ISIS.

Kepala Kesbang Kerinci, Ahmadi Zubir kepada jambi independent mengaku tidak mengetahuinya. “Kami belum mendapatkan informasi soal itu. Nanti kita akan teliti soal kebenaran informasi tersebut. Sampai saat ini belum ada data yang valid,”katanya.

Kapolres Kerici melalui Kasat Intel Polres Kerinci, AKP Yurizal, mengatakan tidak ada ISIS di Kerinci. “Tidak ada, saya tidak pernah dengar, sampai saat ini belum ada laporan masyarakat,”katanya.

Loading Facebook Comments ...