Tanah Pilih 60 Personil Pemadam Kebakaran Disiagakan

60 Personil Pemadam Kebakaran Disiagakan

103
0
BAGIKAN
Kesiapsiagaan aparat personil damkar dalam menyambut lebaran. Foto: Rendi Lahara/Jambi Independent

JAMBI – Dinas pemadam dan Penyelamatan Kota Jambi akan menyiapkan sebanyak 60 personil untuk stand by selama libur lebaran. 60 Personil tersebut akan disiagakan di beberapa pos pemadam kebakaran yang ada di 11 Kecamatan di Kota Jambi.

Menurut Ridwan, Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kota Jambi bahwa meskipun libur lebaran, namun seluruh kendaraan maupun petugas akan disiagakan selama 24 jam dan siap menerima setiap laporan dari warga.

Ridwan juga mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan aparat di tingkat kecamatan maupun desa agar bisa melaporkan segera ketika ada terjadi kebakaran. “Armada kita ada 14 unit, nantinya akan kita siagakan,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya juga menambah personil yang berjaga-jaga di pos pemadam. Jika hari biasa hanya 40 personil, kini jelang libur lebaran dirinya menambah 50 persen personil, sehingga sebanyak 60 personil akan disiagakan. “Kami tidak libur, kami stanby. Personil ini nanti akan kita sebar ke beberapa pos,”ujarnya.

Ditambahkannya bahwa pos pemadam ada di enam titik, yakni Kecamatan Danau Teluk, Pal Merah, Telanaipura, Jambi Timur, Jambi Selatan, Kota Baru dan Markas Komando. “Semua akan stand by dan siap untuk bertugas selama libur lebaran,”ujarnya.

Ridwan mengimbau kepada warga yang akan mudik Lebaran untuk seluruh sambungan listrik di rumah yang ditinggalkan, terutama yang terkoneksi ke alat-alat elektronik seperti TV, lemari es, maupun alat elektronik lainnya. “Tabung gas juga lebih baik dilepas dari regulatornya. Karena banyak peristiwa kebakaran terjadi akibat korsleting listrik serta kerusakan atau kebocoran regulator gas elpiji,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada pemilik usaha untuk mengingatkan para petugas keamanan mereka agar selalu siaga. Sebab, banyak pula kejadian kebakaran yang terjadi di areal pergudangan dan pusat-pusat bisnis. “Jangan lupa para pengusaha agar mengingatkan petugas keamanan agar selalu siaga. Apar juga harus di sediakan,”bebernya. (viz/mui)

Loading Facebook Comments ...