Headline Hasil Pilkada Tak Bisa Digugat

Hasil Pilkada Tak Bisa Digugat

0
BAGIKAN
  • Jika Selisih Diatas 2 Persen
  • Hampir Rampung, Scan C1 KPU sama dengan Hitung Cepat

JAMBI – Perhelatan Pilkada di beberapa Kabupaten di Jambi sudah selesai di lakukan. Rekapitulasi perhitungan suara tiga daerah melalui sistem perhitungan (SITUNG) lewat website Pilkada2017.kpu.go.id sudah hampir rampung. Untuk Muarojambi, data yang masuk sampai pukul 18.00 wib sudah 100 persen. Sedangkan Kabupaten Tebo 99,4 persen, dan Kabupaten Sarolangun 97,4 persen. Dari scan c1 itu, posisi yang unggul tak jauh beda dengan hasil hitung cepat. Artinya, pemenang pilkada sudah dapat dipastikan sulit ada gugatan. Karena selisih suara diatas 2 persen semua.

Kendati demikian, masyarakat diminta menunggu rekapitulasi suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mulai besok berlangsung.

Untuk Tebo, masih ada 4 TPS lagi yang belum masuk. Yakni di Kecamatan VII Koto Ilir dari 34 TPS, masih ada 3 TPS lagi yang belum masuk. Kemudian, Tengah Ilir dari 51 TPS, masih ada 1 TPS lagi.

Dari hasil perhitungan ini, masih menguatkan kemenangan hasil perhitungan sementara. Di Kabupaten Muarojambi, pasangan Abun Yani-Suharyanto, meraih 8.557 Suara (4,47 %). Pasangan Agus-Suswiyanto mendapatkan 43.632 suara (22,77 %). Lalu, Masnah-BBS berhasil meraih 76.825 suara (40,09 %). Sementara Ivan-Dodi hanya 62.627 suara (32,68%).

Di,  Kabupaten Tebo, pasangan Hamdi-Harmain, 73.158 suara (44,81 %) dan Sukandar-Syahkan makin kukuh dengan 90.108 suara (55,19 %). Adapun suara masuk suara masuk 665 dari 669 TPS

Berikutnya, di Kabupaten Sarolangun, hasil hitung TPS (Form C1) Kabupaten Sarolangun, yang masuk ke KPU, selesai seratus persen pada pukul 20.00 wib. Hasilnya, Madel-Har berhasil mengumpulkan suara sebanyak 58.489 atau 44,26%. Sedangkan CE-Hilal berhasil menggondol suara paling banyak. Yakni 73.662 atau 55,74%.

“C1 masuk ke KPU, langsung discan dan dipublikasikan. Namun, bisa saja terjadi kesalahan dari KPPS ke desa, dari Desa ke Kecamatan. Setelah itu baru sampai ke KPU. Tapi untuk kesalahan, yang pasti tidak banyak. Dan tidak akan berpengaruh besar dengan hasil suara saat ini,” tutur Ketua KPUD Sarolangun, Akhyar.

Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi Jambi, M Sanusi yang saat ini berada di Tebo mengatakan jika 4 TPS yang terisasi ini sudah dijemput bersama dengan kepolisian dan aparat terkait. Ini karena jalur transportasi di wilayah init erganggu akibat hujan. “Motor saja dak bisa lewat. Apalaig mobil. Ada rencana memikul. Tapi Insya Allah bisa sampai secepatnya, karena semua pihak sudah turun. Ada jembatan juga yang putus,”katanya saat dihubungi, kemarin.

Selain itu, untuk rekapitulasi perhitungan di tingakt PPK sudah berjalan hampir di seluruh kecamatna. “Untuk Tebo, hampir semuanya sudah jalan,”katanya. Yang jelas, jadwal rekap di PPK adalah 16-22 Februari ini.

Terpisah, Komisioner KPU Sarolangun, Asriyadi mengaku jika scan formulir C1 di wilayahnya memang ada kekuarang 15 TPS. Ini berasal dari Kecamatan Pauh akibat jalan tidak bisa dilalui karena hujan. Tinggal lumpur jalan hampir sama dengan mobil. Pihak KPU, Panwas, PPK dan PPS termasuk kepolisiand an TNI sudah turun mengawal logistik disana. “Jadi sudah jalan. Sekitar jam 5 tadi sudah sampai. Tim IT kita juga sudah siap,”jelasnya.

Mengenai perhitungan di PPK, Asriyadi mengatakan beberapa kecamatan sudah mulai yakni Pelawan, Air Hitam dan Sarolangun. Sementara sisanya dimulai hari ini. “Jadwalnya dari 16-22 Februari.t api kami targetkan tanggal 18 ini sudah selesai,”jelasnya.

Terpisah, Ketua KPU Muarojambi, Edison mengakui jika proses rekapitulasi di PPK sudah mulai. Malah untuk Bahar Selatan sudah selesai.

Sedangkan untuk yang lainnya masih dalam proses penyeelsaian. Ada beberapa kecamatan bisa jadi selesai hari Kamis malam (16/2).

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here