Headline Jual Mobil Kawan Buat Bayar Hutang

Jual Mobil Kawan Buat Bayar Hutang

112
0
BAGIKAN
Empat pria yang tersangkut kasus penggelapan mobil. Untuk Toyota Fortuner dijual Rp 90 juta, sementara Toyota Avanza Rp 30 juta.

JAMBI – Karena terlilit hutang, Hartoto alias Totok (57) nekad menggelapkan mobil temannya sendiri. Alhasil, warga Jalan Matahari IV, Kecamatan Helvetia, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, harus berurusan dengan polisi.

Bersama Totok, anggota Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jambi juga menangkap Ryjalyh alias Jali (54) warga Pulau Aro, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi, dan dua warga Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Edi Alamsyah (40) dan Raden Abdul Rahman (25).

Dari para tersangka, polisi mengamankan dua unit mobil yaitu Toyota Fortuner putih B 1509 KJB dan Toyota Avanza silver. Informasi yang didapat, di Kota Jambi Totok tinggal di sebuah kost-kostan milik Asri Agustina (49). Keduanya saling mengenal.

Kemudian pada 25 Maret 2017, Totok berkata pada Asri bahwa dia ingin menyewa mobil Toyota Fortuner miliknya selama satu minggu. Alasannya untuk dibawa ke lokasi proyek.

Rencananya, Totok menyewa mobil itu selama satu minggu, dengan harga Rp 700 ribu per hari. Untuk meyakinkan Asri, pelaku membayar uang muka Rp 3 juta. Merasa sudah kenal baik, ditambah ada uang muka, Asri pun melepas mobilnya.

Seminggu kemudian, sesuai perjanjian seharusnya Totok sudah mengembalikan mobil. Tapi nyatanya tidak. Akhirnya Asri pun melapor ke Mapolda Jambi pada 7 April, agar kasus ini ditindaklanjuti.

Tim kemudian melakukan penyelidikan, dan mengetahui kalau Totok berada di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Setelah berkoordinasi dengan kepolisian setempat, akhirnya pria ini berhasil ditangkap.

Kepada polisi, Totok mengaku kalau dia dirayu oleh Jali agar menjual mobil sewaan tersebut. Ini supaya dia bisa membayar hutangnya pada Jali. Tanpa pikir panjang, dia berusaha mencari pembelinya.

Nah, dari perantara Edi, Totok pun menjual mobil tersebut pada Raden, dengan harga Rp 90 juta. Polisi pun kemudian menangkap ketiganya satu per satu. “Sekarang semua sudah kita amankan di Polda Jambi. Mobil korban juga berhasil diamankan dari tangan Raden,” kata Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Benedictus Anies Purnawan, melalui Kasubdit III AKBP Imam Tarmudi, saat dikonfirmasi kemarin (18/5).

Setelah dikembangkan, ternyata Jali juga telah menggelapkan Toyota Avanza, yang dijualnya seharga Rp 30 juta. Modusnya sama dengan yang dilakukan Totok. Saat ini kata Tarmudi, pihaknya masih mengembangkan kasus ini. (rib)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here