Sport Ribuan Peserta Ramaikan Gowes Pesona Nusantara

Ribuan Peserta Ramaikan Gowes Pesona Nusantara

BAGIKAN
Gubernur Jambi Zumi Zola dan Wali Kota Jambi Syarif Fasha beriringan dengan DR Joni Mardizal MM, Deputi II Bidang Pengelolaan Pemuda Kemenpora, saat start Gowes Pesona Nusantara, kemarin (16/7). Foto: EDDY DJUNAEDI/JAMBI INDEPENDENT

JAMBI – Ribuan masyarakat Jambi antusias mengikuti kegiatan Goes Pesona Nusantara yang diadakan Kemenpora di Kota Jambi. Tak hanya Jambi, peserta diramaikan komunitas sepeda luar Jambi. Peserta Goes dilepas DR Joni Mardizal MM, Deputi II Bidang Pengelolaan Pemuda Kemenpora. Turut hadir Zumi Zola, Gubernur Jambi, dan Wali Kota Jambi, SY Fasha, kemarin (16/7).

Peserta Gowes Pesona Nusantara dibagi dua kelompok, yakni kelompok atlet dengan jarak tempuh 40 Km. Sementara kelompok dua, dengan jarak tempuh 10 Km yang diikuti Deputi II Kemenpora, Gubernur, Wali Kota dan masyarakat Jambi.

Perjalanan yang memakan waktu skitar 1,5 Jam itu, sempat terjadi insiden tabrakan ringan antara pengendara sepeda saat peserta istirahat. Salah seorang peserta dari komunitas sepeda mengalamai kecelakaan ringan dengan teman-temannya.

Sesampainya peserta digaris finis, kantor Wali Kota Jambi, acara puncak dimulai dengan penyerahan simbolis, air dan tanah oleh ketua lembaga adat Jambi kepada ke Walikota Jambi. Kemudian SY Fasha, Wali Kota Jambi memberikan simbol tersebut ke DR Joni Mardizal MM, Deputi II Bidang Pengelolaan Pemuda Kemenpora.

Walikota mengatakan, atas nama masyarakat Jambi, dia mengucapkan terima kasih kepada Kempora dan jajarannya, karena telah membantu melaksanakan kegiatan Gowes Pesona Nusantara.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, berharap acara tersebut memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Jambi, dia juga mengapresiasi seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut. “Olah raga sepeda itu sangat populer di sini (Jambi, red), banyak peserta ikut memerihakan acara ini,” ucapnya.

DR Joni Mardizal MM, Deputi II Bidang Pengelolaan Pemuda Kemenpora, mengungkapkan alasan memilih Jambi sebagai salah satu etape Gowes Pesona Nusantara, untuk mengajak masyarakat Jambi untuk berolahraga. “Alasan kenapa memilih kegiatan sepeda, banyak makna yang bisa kita petik dari ini,” ucapnya.

Masyarakat harus bergerak maju mendukung pemerintah Indnesia. Dia mengimbau Pemerintah Provinsi Jambi untuk mengadakan kegiatan ini secara berkelanjutan, karena dari ratusan kabupaten, se-Indonesia hanya 90 daerah terpilih. “Dan jambi termasuk salah satunya,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian hadiah yang dimulai dengan pengambilan kupon yang dilakukan oleh Gubernur Jambi dan dilanjutkan oleh Wali Kota Jambi. Panitia menyedia ratusan doorprize, mulai dari tv, lemari es, serta hadiah lainnya. Puncak hadiah yang ditunggu-tunggu adalah satu unit sepeda motor.

Peserta beruntung mendapat satu unit motor adalah No undian 1624, Praka Rusdiansyah 142 R/kj Kasang. “Saya rasanya tidak percaya bisa memenangkan doorprize tersebut,” ujarnya. Rudiansyah berharap kegiatan ini, terus berlangsung sehingga bisa memupuk kekeluargaan seluruh masyarakat Jambi.

Zola Ajukan Penambahan Fasilitas Olahraga

Program Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Goes Nusantara, kemarin (16/7), dihadiri oleh Gubernur Jambi Zumi Zola. Berpusat di Bundaran Tugu Monas Kota Baru, Kota Jambi, Zola membagikan doorprize kepada masyarakat yang ikut berkumpul di Bundaran Monas, Balaikota Jambi.

Program Goes Nusantara tersebut disambut antusias oleh masyarakat Provinsi Jambi, khususnya masyarakat Kota Jambi. Zola mengatakan, sebelumnya kegiatan ini telah lebih dulu dilaksanakan di Kabupaten Batanghari. “Kemarin di Batanghari, sekarang di Kota Jambi. Masyarakat sangat bersemangat dan sangat bagus penerimaannya terhadap kegiatan ini,” katanya.

Pemprov sangat mendukung program-program yang diselenggarakan oleh Kementerian. Zola mengaku, ketika duduk bersama Deputi dari Kemenpora, dirinya menyampaikan pengajuan fasilitas olahraga untuk Provinsi Jambi secara lisan.

“Kepada Bapak Deputi, saya sampaikan bahwa Jambi sangat butuh fasilitas olahraga. Untuk menunjang kegiatan olahraga masyarakat Provinsi Jambi. Kami tahu tentu Kemenpora sekarang sedang disibukkan dengan Sea Games. Namun, kami minta Jambi jangan sampai tidak diperhatikan,” katanya.

Dia mengakui, semangat olahraga masyarakat Provinsi Jambi sangat tinggi. Untuk itu, perlu disediakan fasilitas olahraga yang lebih memadai. Dalam kegiatan-kegiatan Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya, dirinya mengatakan akan diperbanyak kegiatan olahraga.

Seperti festival Danau Kerinci yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu mendatang. Dalam rangkaian Festival Danau Kerinci tersebut akan diadakan juga Goes Kayu Aro. “Kemudian di bulan Agustus ini kita adakan kompetisi arung jeram di Geopark Merangin, itu Kerjunas,” katanya.

Artinya akan lebih banyak lagi kegiatan olahraga yang akan diselenggarakan. “Kita doroang agara kegiatan lahraganya dapat, pariwisatanya juga dapat,” tandasnya. (nia/ril/enn/ira)

Loading Facebook Comments ...