Daerah Rp 10 Miliar untuk 9 Titik Pembangunan

Rp 10 Miliar untuk 9 Titik Pembangunan

17
0
BAGIKAN

MUARASABAK– Ada dana Rp 10 miliar yang akan digunakan Pemkab Tanjab Timur untuk meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan di wilayah Kabupaten Tanjabtim. Melalui dana itu pemkab akan membangun Irigasi Daerah Rawa (IDR) tahun ini. Rencananya IDR tersebut akan dibangun pada sembilan titik di wilayah Kabupaten Tanjabtim.

Dedy Novrianika, Kabid Pengairan Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Tanjabtim mengungkapkan hal itu. Dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017.

“Ada yang bangun baru dan ada juga yang rehap,” ungkapnya kemarin (16/1).

Pembangunan IDR ini pihak Dinas Pekerjaan Umum telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian. Sebab pembangunan IDR untuk peningkatan hasil produksi di wilayah pertanian dan perkebunan. “Sinkronisasi pembangunan terus dilakukan karena daerah Tanjabtim merupakan daerah rawa dan pasang surut. Makanya irigasi yang baik sangat menentukan hasil produksi,” terangnya.

Dedy menjelaskan dari 9 titik IDR itu nantinya salah satunya berada di Kecamatan Berbak dan Kecamatan Sadu. Alasannya lokasi tersebut memang merupakan daerah lumbung pangan. “Masih ada beberapa lokasi lain,yang memang membutuhkan irigasi dan tanggul. Ini akan menjadi prioritas tahun 2017,” jelasnya.

Untuk diketahui, hampir semua petani yang ada di Tanjabtim mengeluhkan irigasi pertanian mereka yang kurang baik. Buktinya, saat wabup melakukan kunjungan di Kecamatan Sadu akhir tahun 2016 yang lalu, hampir semua desa mengajukan perbaikan irigasi pertanian.(ami/dar)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here