Daerah Tangkapan Ikan di Tanjabtim Naik Tiga Persen

Tangkapan Ikan di Tanjabtim Naik Tiga Persen

BAGIKAN
Ilustrasi. Foto: Istimewa

MUARASABAK – Persentase panjang pantai di Provinsi Jambi, 90 persennya berada di Kabupaten Tanjabtim. Produksi tangkap ikan laut terus meningkat, bahkan setiap tahun peningkatan mencapai 3 persen. Tahun 2016, hasil tangkap nelayan 23.491,54 ton. “Setiap tahunnya hampir sama, ada peningkatan 3 persen,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanjabtim, Ahmad Riade Pane melalui Devi, Kabid Perikanan Tangkap, DKP Tanjabtim, kemarin (20/1).

Jumlah hasil tangkapan itu berasal dari lima kecamatan yang merupaksn wilayah pesisir di Tanjabtim. Namun, tiga kecamatan yang hasil tangkapan cukup signifikan adalah Kecamatan Nipah Panjang, Kuala Jambi, dan Kecamatan Sabak Timur.

Untuk jumalah nelayan yang ada di Kabupaten Tanjabtim, sebanyak 5.575 orang yang tersebar di lima kecematan. Dominan nelayan menangkap ikan Senangin, Kakap, Bawal, ikan Talang, ikan Belanak dan udang.

Kurangnya jenis ikan yang berkembang di perairan Tanjabtim karena air pasar surut dan pantainya merupakan pantai lumpur. “Tapi ikan kita lebih enak dibanding daerah lain, karena memang ikan yang dasar lautnya lumpur lebih enak. Dan untuk penjualan pada umumnya ikan kita di jual ke Kepri,” katanya.(ami/ira)

Loading Facebook Comments ...