Tanah Pilih Targetkan 900 Hektare Lahan Padi

Targetkan 900 Hektare Lahan Padi

13
0
BAGIKAN

JAMBI – Pemerintah Kota Jambi mentargetkan seluas 900 hektare lahan untuk penanaman padi. Ini tersebar di beberapa kawasan di Kota Jambi seperti Kawasan Danau Teluk, Pelayangan, Jambi Timur dan Jambi Selatan. Ditargetkan, untuk jumlah produksi ditargetkan mencapai 5.760 ton, dengan rata-rata produksi 6,4 ton per hektare.

Hal ini disampaikan oleh Damiri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi bahwa saat ini maksimal 900 hektare wilayah kota Jambi hanya bisa ditanami sawah. Ini karena kota Jambi memang cukup minim lokasi atau kawasan untuk menanam padi. Namun, jumlah produksi tersebut hanya mampu memenuhi kebutuhan beras di Kota Jambi sebesar 10 persen saja. “Karena memang hanya sebagian wilayah saja yang bisa dikembangkan sebagai lahan pertanian seperti di kawasan Danau Teluk, Pelayangan, Jambi Timur, dan Jambi Selatan. Sehingga kita baru bisa memenuhi kebutuhan beras di Kota Jambi sebesar 10 persennya saja,”bebernya kemarin (17/2).

Dirinya mencontohkan Pemerintah Kota Jambi mentargetkan luas lahan yang bisa di tanami padi untuk kawasan Danau Teluk adalah seluas 400 hektare. Dengan jumlah produksi diperkirakan mencapai 6,4 sampai 7 ton per hektare. “Wilayah lain juga demikian, dikisaran 6,4 ton per hektare,” tambahnya.

Dikatakannya bahwa saat ini para petani di Kota Jambi tengah mempersiapkan lahan untuk menghadapi musim tanam. Sebab, saat ini Kota Jambi tengah memasuki musim hujan sehingga sangat cocok untuk mempersiapkan lahan.

“Karena sistem pertanian kita adalah tadah hujan, jadi pengaruh hujan sangat besar,”bebernya.

Namun, sebagian masyarakat masih takut untuk mempersiapkan lahan mereka. Ini karena diperkirakan hujan masih akan mengguyur Kota Jambi beberapa pekan kedepan. “Jadi mereka takut sawahnya kebanjiran, terutama di Kawasan Danau Teluk,”bebernya. (viz/mui)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here