Headline Zola di Bawah Tekanan: Kompetisi Antar Timses

Zola di Bawah Tekanan: Kompetisi Antar Timses

1824
0
BAGIKAN

TERPECAHNYA internal Gubernur Jambi Zumi Zola, dinilai bakal mempengaruhi banyak hal. Bahkan, dari pengamatan Jafar Ahmad, Peneliti Idea Institute, ada kompetisi antar patron atau tim sukses (timses) di belakang Zumi Zola dan Wakil Gubernur Fachrori Umar.

“Jadi ketika distribusi posisi itu tidak proporsional, akan ada kompetisi. Dan ini akan mengarah ke saling menjatuhkan,” ujar Jafar, dihubungi semalam.

Namun, menurut Jafar, situasi ini wajar. Karena memang dalam distribusi kekuasaan, akan banyak orang berharap pada suatu posisi. “Ketika patron A yang menang, maka patron B akan tersingkir. Jadi yang bertahan itu adalah simpul yang terkuat. Yakni, patron yang memiliki kekuasaan dalam memberikan sumbang saran dalam pengambilan keputusan Zumi Zola selaku gubernur,” sebutnya.

Jafar menilai, situasi ini bisa saja menguntungkan bagi Zumi Zola. Ia jadi lebih mudah mengontrol dan mengatur roda pemerintahan. Karena, patron yang kuat tersebut, lebih dikenalinya dan lebih sedikit setelah “seleksi alam” terjadi.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Ar Syahbandar, menganjurkan agar Gubernur Zumi Zola benar-benar menunjuk orang yang berkompeten dan mampu menterjemahkan program-program gubernur.

“Saya mendengar itu (soal pecahnya internal Zola), namun itu bukan kewenangan saya untuk komentar. Namun dari sisi pengawasan, saya berharap gubernur benar-benar menunjuk orang yang layak. Apalagi ini sudah masuk tahun kedua gubernur memimpin. Dan sudah mau memasuki semester ke dua 2017,” ujar Syahbandar.

Menurutnya, pergantian sejumlah pelaksana tugas (Plt) menandakan orang-orang yang diangkat itu tidak kompeten. Namun, jika pergantian Plt dilakukan hingga beberapa kali, ini malah mengganggu program pemerintah. “Hari ini hearing dengan si A, seminggu lagi hearing dengan yang lain lagi. Kalau bisa Plt yang ditunjuk itu tidak ganti-ganti lagi jelang definitif,” kata Syahabandar.

Loading Facebook Comments ...